![]() |
Bemo Jakarta |
Si imut ini namanya Bemo atau yang biasanya di sebut becak motor sebetulnya ini adalah sebuah Daihatsu midjet buatan jepang yang di import ketika indonesia akan merayakan acara Ganefo (olimpiadenya negara negara berkembang di tahun 1962) tahun segitu memang kita belum lahir bro tapi tenang aja akan gua rankumkan dari berbagai sumber untuk kalian semua.
Sebelumnya mungkin akan gua ceritakan dulu sejarahnya dari negara asalnya jepang, kendaraan ini awalnya di desain untuk kebutuhan petani sana paska perang dunia kedua dimana infratruktur hancur lebur dan kebanyakan kondisi petani sana dalam kondisi melarat sehingga di butuhkan sebuah moda mobilisasi pertanian yang handal di kondisi infrastruktur yang jelek dan murah, iya murah soalnya untuk mobil pada saat itu cuma orang kaya saja yang bisa, petani tidak mungkin bisa membeli. Yahh samalah kayak kondisi kita sekarang cuman bedanya enginer disana mikir! gimana caranya buat alat transportsi yang murah tapi handal buat para petani. Yaahh mudah mudahan kita juga pola pikirnya bisa begitu ya amiiin.
Daihatsu Midget DKA 1957
Daihatsu midget DKA 1957 |
Pada generasi awal Bemo (Daihatsu Midget DKA 1957) tidak berbentuk seperti Bemo yang kita kenal sekarang tetapi lebih mirip motor roda 3 atau dikita biasanya di sebut motor viar pickup tapi dengan kabin tertutup. Mesin yang digunakanpun sederhana 250cc tipe 2 tak berpendingin udara dengan tenaga 8PS.
Dengan desain khasnya pada awal peluncurannya bemo ini sukses membius masyarakat jepang sebagai kendaraan niaga pada saat itu bahkan di ekspor kenegara negara asia tenggara. Bahkan di Thailand kendaraan ini begitu populernya hingga menjadi icon Thailand hingga saat ini sebagai Taxi Tuk-Tuk.
![]() |
Taxi Tuk-tuk |
Daihatsu Midget MP2 1959
Pada generasi kedua, Bemo mendapatkan ubahan di bagian kabin depan dengan desain signatur membulat dibagian kap mesin , sudah dilengkapi setir bundar dan sudah memuat dua orang penumpang dikabin depan. Pada generasi ini lah cikal bakal bemo di indonesia, yang merupakan hibah pemerintah jepang ke indonesia sebagai permintaan maafnya karena sudah menjajah indonesia. Sektor dapur pacu mendapat peningkatan menjadi 305cc dengan tenaga 12ps. Bemo ini menyebar di berbagai kota di indonesia untuk menggantikan becak makanya banyak orang menyebutnya becak motor untuk mempermudah penyebutan maka terciptalah istilah bemo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar